meluncurkan Tabungan BNI Pandai yang dapat dibuka melalui Agen program
Laku Pandai BNI. Peluncuran produk tabungan ini merupakan bentuk
komitmen dan dukungan BNI terhadap Program Laku Pandai atau Layanan
Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai)
sebagai konsep branchless banking yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Ketua
Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengungkapkan, Program Laku
Pandai dikeluarkan OJK sebagai bentuk inovasi penyediaan infrastruktur
layanan jasa keuangan guna menjangkau kelompok masyarakat kurang
beruntung di pedesaan dan daerah terpencil.
"Sampai saat ini
sudah ada 6 bank termasuk BNI yang mengikuti program Laku Pandai.
Diharapkan 11 bank lain yang sudah merencanakan ikut dalam program ini
bisa segera merealisasikannya tahun ini," kata Muliaman dalam acara
peluncuran Tabungan BNI Pandai di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB),
seperti tertulis dalam keterangan tertulis, Senin (8/6/2015).
BNI
memulai program ini dari sebuah kawasan yang memang sangat membutuhkan
keberpihakan dalam hal peningkatan literasi keuangan, yaitu di Kelurahan
Kolo, Kota Bima, NTB. Bima dipilih karena tingkat literasi keuangan
masyarakat di sekitar lokasi tersebut relatif masih terbatas namun minat
dan antusias masyarakat terhadap produk keuangan cukup tinggi.
Peluncuran
Produk Tabungan BNI Pandai di Bima ini sebagai salah satu tempat
implementasi Laku Pandai yang dipilih di kawasan Indonesia Bagian Timur.
BNI memang berniat mengembangkan Agen Laku Pandai di kawasan Indonesia
bagian Timur. Setelah Bima tempat lain untuk Laku Pandai ini adalah
Mataran, NTB dan Kupang NTT.
Produk yang dikembangkan dalam
implementasi Laku Pandai pada tahap awal adalah berupa tabungan.
Tabungan BNI Pandai ini merupakan produk tabungan yang memiliki beberapa
fitur seperti dapat dimiliki oleh perorangan dalam mata uang rupiah,
bebas biaya administrasi dan biaya transaksi transfer masuk maupun
pemindahbukuan, memperoleh bunga, maksimum saldo sebesar Rp 20 juta dan
maksimum transaksi per bulan Rp 5 juta baik untuk tarik tunai maupun
transfer.
Jasa perbankan yang dapat dilayani oleh Agen BNI pada
tahap awal adalah pembukaan rekening, setor tunai, dan tarik tunai
tabungan BNI Pandai yang didukung oleh jaringan real time online untuk mempermudah akses bagi masyarakat.
BNI
menyiapkan perlengkapan teknologi berupa Electronic Data Capture (EDC)
Mini ATM yang ditempatkan di agen untuk setor tunai, tarik tunai, cek
saldo, pembelian pulsa dan transfer antar rekening BNI. Selain EDC Mini
ATM, BNI juga menyiapkan sarana web base untuk pembukaan rekening, setor tunai, dan tarik tunai.
Nasabah
juga disediakan Buku Tabungan dan Kartu Debit untuk melengkapi
kebutuhan transaksi nasabah. "Keunggulan sistem yang dikembangkan BNI di
Laku Pandai ini adalah adanya pilihan menggunakan web-base dan atau EDC
Mini ATM sebagai media transaksi bagi Agen," ujar Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus